Selasa, 03 Juni 2014

ISSN



ISBN adalah singkatan dari International Standard Book Number atau Sistem Nomor Buku Standar Internasional. ISBN diperuntukkan bagi buku-buku yang dapat diterapkan pada setiap bahan yang dikeluarkan oleh suatu penerbit atau yang dikumpulkan oleh perpustakaan.

            Tujuannya adalah untuk mengkoordinasikan dan menstandardisasikan pemakaian nomor-nomor buku secara internasional. Sehingga suatu ISBN menunjukkan satu judul atau satu edisi dari satu penerbit tertentu.

Contohnya :

ISBN: 978-979-9151-92-6

Media  Pembelajaran (Sebuah Pendekatan baru)

Referensi (GP Press Group)

ISBN: 978-979-8433-87-0

Belajar dan Pembelajaran

alfabeta


            Sedangkan ISSN adalah singkatan dari International Standard Serial Number atau Standar Internasional Nomor Majalah ( mis: ISSN 0126-1460 ).  ISSN (International Standard of Serial Number) merupakan nomor pengenal yang diberikan kepada terbitan berkala. Termasuk dalam terbitan berkala adalah majalah, surat kabar, newsletter (warta), buku tahunan, laporan tahunan, maupun prosiding.

            Deretan 8 angka tersebut merupakan nomor pengenal dari majalah tersebut,. Manfaat dari nomor ISSN ini adalah memudahkan pelaksanaan administrasi seperti pemesanan sebuah majalah akan cukup dengan menyebutkan nomor ISSN-nya. Nomor ISSN ini akan menghilangkan keragu-raguan karena ternyata banyak majalah yang sama atau hampir sama judul / namanya.

Contohnya:


ISSN: 0854-7149

Teknologi Pendidikan

S-1 Teknologi Pendidikan

Current Isue | Archives

ISSN: 2252-3863

Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan

S-1 Teknologi Pendidikan

Current Isue | Archives

1 komentar:

  1. Merkur Futur Futur Safety Razor Chrome - Deccasino
    Merkur Futur Safety Razor Chrome Merkur Futur Adjustable Safety Razor - Chrome - 5 in 1 3 in 1 1 2 메리트 카지노 3 in 1 Box - Chrome - 샌즈카지노 $38.99 메리트 카지노 고객센터 · ‎In stock

    BalasHapus