BAB 1
PENDAHULUAN
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat
bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]),
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam
dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia
game.
BAB 1
PENDAHULUAN
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat
bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]),
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam
dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia
game.
Hiburan dan seni rupa juga dibantu oleh
multimedia , terutama membantu dalam hiburan untuk mengembangkan efek khusus
dalam film dan animasi. Permainan multimedia adalah hobi populer dan program
perangkat lunak yang tersedia baik sebagai CD-ROM atau online. Video game untuk
anak-anak dan orang dewasa juga menggunakan fitur multimedia yang memberikan
efek 3D dan membuat gambar menjadi hidup. Dalam seni ada artis multimedia yang
menggunakan multimedia yang efisien untuk mendapatkan efek yang berbeda dan
teknik. Pendekatan lain menciptakan tampilan tradisional seni rupa yang dapat
dengan mudah dilihat di galeri seni. Merekam materi digital mungkin hanya
sebagai tahan lama dengan salinan sempurna setiap waktu.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia
pendidikan dan bisnis. Di dunia ppendidikan, multimedia digunakan sebagai
media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia
bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk,
bahkan sebagai media pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media
yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video,
dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam
perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan
konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak
diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan
pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens
rialistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak
ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat
input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau
tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat
output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan
berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau
yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan
printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta.
Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
Multimedia membuat situs yang menarik dan
inovatif dalam, fungsi desain dalam hal tujuannya, mudah dinavigasi, sering
diperbarui dan cepat untuk men-download. Home page dari setiap produksi
multimedia harus selalu tengara, dapat diakses dari manapun di bagian
multimedia.
Multimedia sedang digunakan secara luas dalam
berbagai bidang karena kecepatan dan fleksibilitas. Salah satu contohnya adalah
di bidang kedokteran mana, dokter dilatih dengan melihat operasi virtual dan
dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia dipengaruhi oleh virus dan bakteri
membantu mereka untuk mengembangkan teknik yang berbeda untuk mencegahnya.
A. Rumusan Masalah
1. Apa itu
Multimedia dan hubungannya dengan Teknologi ?
2. Jelaskan
Tentang Vektor dan Bitmap beserta contoh masing-masing.!
3. Jenis-jenis
tipe file gambar dan ukuran-ukurannya.
4. Apa itu
coreldraw dan adobe photoshop ?
5. Contoh
C.Draw & A.Photoshop dan “kira-kira” cara pembuatannya.
B. Tujuan
Tujuan
pembuatan makalah ini yaitu untuk mengumpul tugas dari Dosen. Dan semoga
teman-teman yang membacanya mendapat ilmunya Aminnn….
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Multimedia
Multimedia diambil
dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau
perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik,
suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan.
Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna
komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat
disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Adapun menurut
beberapa ahli yaitu :
·
Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
·
McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara,
gambar, dan teks
·
Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling
sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara,
musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
·
Robin dan
Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang
dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan
video
·
Menurut hofstetter (2001,p2) Multimedia adalah
penggunaan computer untuk menampilkan informasi yang merupakan gabungan dari
teks, grafik, audio dan video sehingga membuat pengguna dapat bernavigasi,
berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi dengan computer.
·
Menurut steinmetz (1995,p2) yang dimaksud dengan
multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah
media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana vadilitas datanya tidak
tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan
yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah dimana media vadilitas datanya
tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya suara dan video.
·
Menurut Vaughan (2004, p1) Multimedia adalah
beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi video dikirim ke anda
melalui computer atau dengan alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi
digital.
Disini
dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk
menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih
menarik.
Dengan
penggunaan multimedia, penyampaian informasi akan menjadi lebih menarik dan
mempermudah pengguna dalam mendapatkan tersebut seperti yang disebutkan dalam
laporan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh computer tekhnologi research (Hofstetter, p4) bahwa seorang hanya
akan mendapatkan 20 % dari apa yang mereka lihat dan 30 % dari yang
mereka dengar. Sedangkan melalui multimedia akan mendapatkan 50 % dari apa yang
mereka dengar dan dilihat, sampai 80 % dari apa yang mereka lihat, dengar dan
berinteraksi dengan pada waktu yang sama.
Dalam definisi ini
terkandung empat komponen penting multimedia.
ü Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan
didengar.
ü Kedua, harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi.
ü Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah
jaringan informasi yang saling terhubung.
ü Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk
mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide.
Jika salah satu komponen tidak ada, bukan multimedia dalam arti luas
namanya. Misalnya, jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu namanya
media campuran, bukan multimedia. Kalau tidak ada alat navigasi yang
memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan
multimedia. Demikian juga kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan
menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi, bukan multimedia. Dari beberapa
definisi di atas, maka multimedia ada yang online (Internet) dan multimedia ada
yang offline (tradisional).”
B.
Hubungan
Multimedia dengan teknologi
Hubungan Multimedia dengan Teknologi saat ini sangatlah berkaitan penting
karna banyak sekali saat ini media pembelajaran yang menggunakan suara atau
gambar supaya lebih menarik yang mana itu adalah bagian dari Multimedia.
Pemanfaatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan
hubungan dengan pendidikan online masih belum diselidiki secara mendalam. Banyak kursus online yang hanya halaman web dikombinasikan dengan e-mail dan ruangan chatting tanpa landasan pedagogis.
hubungan dengan pendidikan online masih belum diselidiki secara mendalam. Banyak kursus online yang hanya halaman web dikombinasikan dengan e-mail dan ruangan chatting tanpa landasan pedagogis.
Pengalaman-pengalaman
sukses menunjukkan bahwa telah ada suatu penurunan dari aktivitas dipandu guru
seperti halnya penurunan jumlah pembelajaran tatap muka dan bergerak ke arah
aktivitas yang berbentuk proyek dan pembelajaran mandiri sebagai hasil
pemanfaatan TIK.
Pembelajaran
online memungkinkan siswa memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat pesat telah
berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Sampai saat ini, menurut
TofFler, perkembangan tersebut telah mencapai gelombang yang ketiga.
Gelombang
pertama timbul dalam bentuk teknologi
pertanian, dimana era pertanian ini telah berlangsung selama ratusan ribu tahun
yang lalu bahkan sampai sekarang. Gelombang kedua timbul dalam bentuk teknologi industri, era industri ini
telah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu sampai sekarang.
Multimedia interaktif atau hypermedia
belumlah dimanfaatkan secara meluas. Aktivitas Online melibatkan internet dan
intranet lebih banyak digunakan untuk keperluan komunikasi daripada sarana
pendidikan interaktif.Model pembelajaran campuran yang baru mulai muncul.
Pembelajaran
tatap muka dan aktivitas belajar online, video, multimedia dan sarana telekomunikasi menunjang berbagai proses
pembelajaran, kadangkala dalam bentuk kombinasi dan kadangkala dalam bentuk
yang lebih terintegrasi.
Prof. Dr.
Mustaji, M.Pd.Disajikan dalam seminar AKAL Interaktif
di TB. Gramedia EXSPO Surabaya,Tanggal 29
Januari 2011 PengantarPerkembangan teknologi komunikasi dan informasi
yang sangat pesat telah berpengaruh terhadap
berbagai aspek kehidupan manusia.
Sampai saat
ini, menurut TofFler, perkembangan tersebut telah
mencapai gelombang yang ketiga. Gelombang pertama
timbul dalam bentuk teknologi pertanian, dimana era pertanian
ini telah berlangsung selama ratusan ribu
tahun yang lalu bahkan sampai sekarang.
G
elombang
kedua timbul dalam bentuk teknologi industri, era
industri ini telah berlangsung sejak ratusan
tahun yang lalu sampai sekarang. Kini,
gelombang ketiga yang ditandai dengan pesatnya
perkembangan teknologi elektronika
dan informatika.
Perubahan
dari era industri ke era informasi (global)
ini hanya berlangsung dalam hitungan waktu
tidak lebih dari setengah abad (Dryden
dan Voss, 1999).Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk
pendidikan dapat dilaksanakan dalam berbagai
bentuk susuai dengan fungsinya dalam pendidikan.
Fungsi teknologi informasi dan
Pemanfaatan teknologi informasi
dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan sudah
menjadi keharusan yang tidak dapat ditunda-tunda
lagi.
Berbagai
aplikasi teknologi informasi
dan komunikasi sudah tersedia dalam masyarakat
dan sudah siap menanti untuk dimanfaatkan
secara optimal untuk keperluan pendidikan. Pada
kondisi riil, teknologi
informasi dan komunikasi dalam pendidikan
nantinya berfungsi sebagai gudang ilmu, alat
bantu pembelajaran, fasilitas pendidikan, standar
kompetensi, penunjang administrasi.
C.
Vector dan
bitmap
Gambar bitmap adalah sebuah struktur data yang
mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau
media tampilan lainnya. Secara teknis gambar bitmap digambarkan dengan lebar
dan tinggi dalam piksel dan dalam angka bit per piksel. Beberapa format gambar
bitmap yang sering dijumpai: GIF, JPEG, BMP dan PNG. Ada banyak
perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk membuat atau memodifikasi
file gambar dengan data bitmap. Diantaranya Adobe Photoshop.
Gambar Vektor terdiri dari penggabungan
koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi
sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau
diperkecil. Gambar vektor umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil bila
dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya:
SVG, EPS, dan CDR ., Ada banyak perangkat lunak (software) yang
dapat digunakan untuk membuat atau memodifikasi gambar vektor. Diantaranya
Adobe Illustrator, Freehand dan Corel Draw adalah aplikasi-aplikasi yang cukup
popular hingga saat ini.
Ø Perbedaan
gambar-gambar berbasis Vektor dan berbasis Bitmap
1.
Vektor
- Tetap utuh pada saat diperbesar
- Tersusun dari kurva (path). Path terdiri dari garis (line segment) dan beberapa titik (node) atau disebut dengan anchor point.
- Gradasi warna harus dianalisis dulu oleh para desainer grafis.
- Tidak mengenal resolusi. Kualitas gambar tergantung pada point pembentuk path.
- Menyimpan gambar sesuai dengan software yang kita gunakan misalnya CorelDRAW dalam format berekstensi AI dan Macromedia Freehand
- Nyaman dipakai untuk melayout halaman (teknik publishing), membuat font, dan ilustrasi.
2.
Bitmap
- Pecah saat diperbesar
- Tersusun oleh selebaran bintik-bintik (piksel), beragam warna, piksel tersebar dalam pola grid.
- Gradasi warna lebih luwes dan nyata
- Semakin besar resolusi, semakin tinggi kualitas foto
- Mampu menyimpan gambar antar-format, yaitu JPEG, BMP, GIF, TIFF dan PNG
- Nyaman dipakai untuk gambar-gambar dengan efek bayangan (shading) yang halus
Ø Perbedaan kualitas
gambarnya :
·
Contoh gambar
bitmap
·
contoh gambar vector
D.
Jenis-jenis type
file dan ukuran-ukurannya
Dengan bekerbangnya Perangkat digital Khusus
nya.dalam bidang Gambar atau grafis. mempunyai bentuk nama File gambar yang
disimpan hal itu ditinjau dari segi penggunaannya .Seperti hal nya File
Gambar/Foto. Umumnya format file penyimpanan JPG ( Jepeg ) yang mampu
menghasilkan gambar dan foto dengan RGB, Crayse. Dan masih banyak file dalam
penerapannya dalam bidang Dunia Digital Grafis seperti Komputer.Berikut ini
penjelasan mengenai macam-macam file tersebut :
·
PSD (Photoshop
Document)
Format file ini merupakan format asli dokumen Adobe
Photoshop. Format ini mampu menyimpan informasi layer dan alpha channel yang
terdapat pada sebuah gambar, sehingga suatu saat dapat dibuka dan diedit
kembali. Format ini juga mampu menyimpan gambar dalam beberapa mode warna yang
disediakan Photoshop. Anda dapat menyimpan dengan format file ini jika ingin
mengeditnya kembali.File dengan format PSD ini hanya bisa dibuka di Photo Shop
.
·
BMP (Bitmap Image)
Format file ini merupakan format grafis yang
fleksibel untuk platform Windows sehingga dapat dibaca oleh program grafis
manapun. Format ini mampu menyimpan informasi dengan kualitas tingkat 1 bit
samapi 24 bit. Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha
channel serta ada kendala dalam pertukaran platform. Untuk membuat sebuah objek
sebagai desktop wallpaper, simpanlah dokumen Anda dengan format file ini. Anda
dapat mengkompres format file ini dengan kompresi RLE.
Format file ini mampu menyimpan gambar dalam mode
warna RGB, Grayscale, Indexed Color, dan Bitmap.
Format file ini
merupakan format yang sering digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen antar
program grafis. Selain itu, format file ini sering pula digunakan ketika ingin
mencetak gambar. Keunggulan format file ini menggunakan bahasa postscript
sehingga format file ini dikenali oleh hampir semua program persiapan cetak.
Kelemahan format
file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel, sehingga banyak pengguna
Adobe Photoshop menggunakan format file ini ketika gambar yang dikerjakan sudah
final. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Lab,
Duotone, Grayscale, Indexed Color, serta Bitmap. Selain itu format file ini
juga mampu menyimpan clipping path.
·
JPG/JPEG (Joint Photographic Expert Group)
Format file ini
mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilihan yang
disediakan. Format file sering dimanfaatkan untuk menyimpan gambar yang akan
digunakan untuk keperluan halaman web, multimedia, dan publikasi elektronik
lainnya. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK,
dan Grayscale. Format file ini juga mampu menyimpan alpha channel, namun karena
orientasinya ke publikasi elektronik maka format ini berukuran relatif lebih
kecil dibandingkan dengan format file lainnya. Mampu menayangkan warna dengan
kedalaman 24-bit true color. Mengkompresi gambar dengan sifat lossy.
Umumnya digunakan
untuk menyimpan gambar-gambar hasil foto. JPEG berbeda dengan MPEG (Moving
Picture Experts Group) yang menyediakan kompresi untuk video.
·
GIF (Graphic Interchange Format)
Format file ini
hanya mampu menyimpan dalam 8 bit (hanya mendukung mode warna Grayscale, Bitmap
dan Indexed Color). Format file ini merupakan format standar untuk publikasi
elektronik dan internet. Format file mampu menyimpan animasi dua dimensi yang
akan dipublikasikan pada internet, desain halaman web dan publikasi elektronik.
Format file ini mampu mengkompres dengan ukuran kecil menggunakan kompresi LZW.
Mampu menayangkan maksimum sebanyak 256 warna karena format GIF menggunakan
8-bit untuk setiap pixel-nya.
Mengkompresi gambar
dengan sifat lossless. Mendukung warna transparan dan animasi sederhana. Format
GIF pertama kali diperkenalkan oleh compuserve pada 1987.
·
TIF (Tagged Image Format File)
Format file ini
mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format file ini juga
dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Machintosh, dan
Silicon Graphic). Format file ini merupakan salah satu format yang dipilih dan
sangat disukai oleh para pengguna komputer grafis terutama yang berorientasi
pada publikasi (cetak). Hampir semua program yang mampu membaca format file
bitmap juga mampu membaca format file TIF.
·
PCX
Format file ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Zoft Cooperation. Format file ini merupakan format yang fleksibel karena hampir semua program dalam PC mampu membaca gambar dengan format file ini. Format file ini mampu menyimpan informasi bit depth sebesar 1 hingga 24 bit namun tidak mampu menyimpan alpha channel. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, Grayscale, Bitmpa dan Indexed Color.
Format file ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Zoft Cooperation. Format file ini merupakan format yang fleksibel karena hampir semua program dalam PC mampu membaca gambar dengan format file ini. Format file ini mampu menyimpan informasi bit depth sebesar 1 hingga 24 bit namun tidak mampu menyimpan alpha channel. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, Grayscale, Bitmpa dan Indexed Color.
·
PDF (Portable Document Format)
Format file ini
digunakan oleh Adobe Acrobat, dan dapat digunakan oleh grafik berbasis pixel
maupun vektor. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB,
CMYK, Indexed Color, Lab Color, Grayscale dan Bitmap. Format file ini tidak
mampu menyimpan alpha channel. Format file ini sering menggunakan kompresi JPG
dan ZIP, kecuali untuk mode warna Bitmap yaitu menggunakan CCIT.
·
PNG (Portable Network Graphic)
Format file ini
berfungsi sebagai alternatif lain dari format file GIF. Format file ini
digunakan untuk menampilkan objek dalam halaman web. Kelebihan dari format file
ini dibandingkan dengan GIF adalah kemampuannya menyimpan file dalam bit depth
hingga 24 bit serta mampu menghasilkan latar belakang (background) yang
transparan dengan pinggiran yang halus. Format file ini mampu menyimpan alpha
channel.file ini juga diterapkan di Facebook.
Format PNG ini
diperkenalkan untuk menggantikan format penyimpanan citra GIF. Secara umum PNG
dipakai untuk Citra Web.
Untuk Web, format
PNG mempunyai 3 keuntungan dibandingkan format GIF:
1. Channel Alpha (transparansi)
2. Gamma (pengaturan terang-gelapnya citra en:"brightness")
3. Penayangan citra secara progresif (progressive display)
Selain itu, citra
dengan format PNG mempunyai faktor kompresi yang lebih baik dibandingkan dengan
GIF (5%-25% lebih baik dibanding format GIF).
Satu fasilitas dari
GIF yang tidak terdapat pada PNG format adalah dukungan terhadap penyimpanan
multi-citra untuk keperluan animasi.
Untuk keperluan
pengolahan citra, meskipun format PNG bisa dijadikan alternatif selama proses
pengolahan citra - karena format ini selain tidak menghilangkan bagian dari
citra yang sedang diolah (sehingga penyimpanan berulang ulang dari citra tidak
akan menurunkan kualitas citra) namun format JPEG masih menjadi pilihan yang
lebih baik.
·
PIC (Pict)
Format file ini merupakan standar dalam aplikasi grafis dalam Macintosh
dan program pengolah teks dengan kualitas menengah untuk transfer dokumen antar
aplikasi. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dengan 1
alpha channel serta Indexed Color, Grayscale dan Bitmap tanpa alpha channel.
Format file ini juga menyediakan pilihan bit antara 16 dan 32 bit dalam mode
warna RGB.
·
TGA (Targa)
Format file ini didesain untuk platform yang menggunakan Targa True
Vision Video Board. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna
RGB dalam 32 bit serta 1 alpha channel, juga Grayscale, Indexed Color, dan RGB
dalam 16 atau 24 bit tanpa alpha channel. Format file ini berguna untuk
menyimpan dokumen dari hasil render dari program animasi dengan hasil output
berupa sequence seperti 3D Studio Max.File ini biasanya diterapkan di
Animasi ,Studio Animasi
·
IFF (Interchange File Format)
Format file ini umumnya digunakan untuk bekerja dengan Video Toaster dan
proses pertukaran dokumentasi dari dan ke Comodore Amiga System. Format file
ini dikenali hampir semua program grafis yang terdapat dalam PC serta mampu
menyimpan gambar dengan mode warna Bitmap. Format file ini tidak mampu
menyimpan alpha channel.
·
SCT (Scitex Continous Tone)
Format file ini digunakan untuk menyimpan dokumen dengan kualitas tinggi pada komputer Scitex. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale namun tidak mampu menyimpan alpha channel.
·
PXR (Pixar)
Format file ini khusus untuk pertukaran dokumen dengan Pixar Image
Computer. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dan
Grayscale dengan 1 alpha channel.
·
RAW
Format file ini merupakan format file yang fleksibel untuk pertukaran
dokumen antar aplikasi dan platform. Format file ini mampu menyimpan mode warna
RGB, CMYK, dan Grayscale dengan 1 alpha channel serta mode warna Multichannel,
Lab Color dan Duotone tanpa alpha channel.
·
PSP
format bekerja lebih disukai seperti yang Anda
mengedit foto di perangkat lunak, karena hanya format proprieter mempertahankan
semua kekuatan editing program. Paket ini menggunakan lapisan, misalnya, untuk
membangun citra yang kompleks, dan informasi layer mungkin akan hilang dalam
format Nonproprietary seperti TIFF dan JPG. Namun, pastikan untuk menyimpan
hasil akhir Anda sebagai standar TIFF atau JPG, atau Anda mungkin tidak dapat
melihat dalam beberapa tahun ketika perangkat lunak Anda telah berubah.
·
DCS (Dekstop Color
Separation)
Format file ini dikembangkan oleh Quark dan merupakan format standar
untuk .eps. Format ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna Multichannel
dan CMYK dengan 1 alpha channel dan banyak spot channel. Format file ini mampu
menyimpan clipping path dan sering digunakan untuk proses percetakan
(publishing). Ketika menyimpan file dalam format ini maka yang akan tersimpan
adalah 4 channel dari gambar tersebut dan 1 channel preview.
·
FORMAT KOMPRESI
Beberapa program terutama yang berorientasi pada publikasi elektronik
dan multimedia selalu memerlukan format file yang berukuran kecil agar ketika
dibuka tidak akan lambat. Untuk keperluan tersebut diperlukan kompresi.
Berikut ini format file yang berorientasi publikasi elektronik dan multimedia dengan kompresinya masing-masing.
Berikut ini format file yang berorientasi publikasi elektronik dan multimedia dengan kompresinya masing-masing.
E. Corel draw dan
Adobe photoshop
·
CorelDraw
Coreldraw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah
perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Corel Draw pada
awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang
lebih baru. Versi Corel Draw untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi
dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.
CorelDraw merupakan salah satu aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang
banyak dipakai oleh pengguna PC. Karena berbagai kemudahan dan keunggulan yang
dimiliki oleh coreldraw, maka coreldraw sering dimanfaatkan untuk
desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan
visual.
Keunggulan mengolah gambar berbasis vektor adalah ukuran hasil akhir yang dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap. Karena itulah desain grafis dan olah gambar berbasis vektor sangat banyak digunakan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.
Keunggulan mengolah gambar berbasis vektor adalah ukuran hasil akhir yang dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap. Karena itulah desain grafis dan olah gambar berbasis vektor sangat banyak digunakan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.
Sebenarnya ada
banyak sekali software desain grafis dan pengolah gambar berbasis vektor yang
bisa kita gunakan,misalnya saja diantaranya adalah Coreldraw,
Photoshop, Freehand, adobe ilustrator dll. Namun coreldraw
merupakan program paling populer yang sering dimanfaatkan. Selain karena
tampilannya yang user friendly dan mudah dipelajari, coreldraw
juga mempunyai berbagai keunggulan – keunggulan lain yang sangat bermanfaat.
Beberapa keunggulan coreldraw antara lain coreldraw sangat bagus
dalam kolaborasi teks dan gambar. Meskipun photoshop juga bisa namun lebih
mudah dengan coreldraw. Selain itu kelebihan coreldraw
yang jarang dimiliki oleh aplikasi desain grafis dan pengolah gambar yang lain
adalah dukungan forum dan komunitas coreldraw yang begitu banyak
dan beragam, sehingga kita bisa dengan mudah menemukan tutorial, tips dan bisa
berbagi ilmu dengan pengguna coreldraw lainnya di seluruh dunia.
Saat ini Generasi
baru dari coreldraw yaitu versi X6 yang tersedia dalam versi 32bit dan 64bit.
Bagi para pengguna Windows 64bit selayaknya menggunakan CorelDRAW X6 versi
64bit yang akan sangat berpengaruh terhadap performa dari CorelDRAW itu
sendiri.
·
Adobe
Photoshop
Adobe Photoshop
adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan
efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan
perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk
perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap
sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.
Versi kedelapan
aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi
sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop
CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan versi yang terakhir
(ketigabelas) adalah Adobe Photoshop CS6.
Photoshop tersedia
untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat
digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak
tertentu seperti CrossOver.
Gambar Thomal
knoll dan adiknya john knoll
Pada tahun 1987, Thomas
Knoll, mahasiswa PhD di Universitas Michigan, mulai menulis sebuah
program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar
monokrom. Program ini, yang disebut Display, menarik perhatian saudaranya John
Knoll, seorang karyawan di Industrial Light & Magic, yang
merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya menjadi program penyunting
gambar penuh. Thomas mengambil enam bulan istirahat dari studi pada tahun 1988
untuk berkolaborasi dengan saudaranya pada program itu, yang telah diubah
namanya menjadi ImagePro. Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya
menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner
Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide
scanner; "total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan"
dengan cara ini.
Selama waktu itu,
John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi
program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur
seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk
membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988 Sementara John
bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis
kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh.
·
Fitur pada Adobe Photoshop
Meskipun pada
awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan
berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk
memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhir juga
menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan
tersebut.
Photoshop juga
memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media,
animasi, dan authoring buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop,
.PSD, dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore
DVD untuk membuat DVD profesional,
menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect
seperti background, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan
televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan
untuk membuat menu dan tombol (button) DVD.
Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:
- RGB color model
- Lab color model
- CMYK color model
- Grayscale
- Bitmap
- Duotone
Versi terbarunya,
yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Program ini dipasarkan dengan
nama "Photoshop CS2." "CS" merefleksikan integrasi produk
Photoshop dengan aplikasi "Creative Suite buatan Adobe dan disebut
"2" karena program ini adalah versi rilis ke-2 sejak Adobe
mengintegrasikan kedua produknya. Ada beberapa pada tambahan pada Photoshop CS2
seperti multiple layer selecting dan "warp," versi
kurva dari transform tool dan color replacement tool, yang sebelumnya
hadir sebagai plug-in 8BF.
Untuk para
penggemar fotografi, Adobe menyediakan filter "reduce grain"
(mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada
kondisi kekurangan cahaya. Untuk "memperjelas" perbedaan produk CS
dengan produk-produk Photoshop sebelumnya, Adobe menghilangkan lambang mata
Photshop, yang dipresentasikan dalam bentuk yang berbeda-beda sejak versi 3
sampai versi 7. Photshop CS dan CS2 kini menggunakan bulu sebagai ikon dan
bentuk identifikasinya.
ü CS5
Versi beta
Photoshop CS3 telah dirilis untuk pengguna CS2 pada tanggal 15 Desember 2006.
Berbeda dengan Photoshop CS dan CS2 yang menggunakan bulu sebagai logonya, Logo
untuk edisi ketiga ini berbentuk tipografi, dengan huruf 'Ps' berwarna putih
dan berlatar belakang biru-gradien.
ü Camera RAW 3.x
Versi terakhirnya
dilengkapi dengan Adobe Camera RAW, sebuah plugin yang dikembangkan oleh Thomas Knoll yang dapat membaca beberapa format
file RAW dari kamera digital dan mengimpornya langsung ke Photoshop. Versi awal
RAW plugin ini juga tersedia untuk Photoshop 7.0.1 dengan tambahan biaya $99
USD.
Secara Photoshop
adalah sebuah program penyunting gambar standar industri yang ditujukan untuk
para profsional raster grafik, harga yang ditawarkan pun cukup tinggi;
kira-kira US$600. Keadaan ini memancing beberapa programer untuk merancang
peralatan grafik (graphics tools) dengan harga yang lebih terjangkau.
Untuk menghadapi persaingan ini, dan untuk menghadapi pembajakan produknya,
Adobe memperkenalkan Photoshop Elements, sebuah versi lain dari Photoshop yang
lebih minimalis, dengan harga terjangkau; di bawah US$100. Produk ini ditujukan
untuk pengguna rumahan dan menghilangkan beberapa fitur profesional.
Jika anda
mengkolaborasikan dua aplikasi desain dan olah grafis populer yaitu coreldraw
dan photoshop,
maka hasilnya sudah pasti tidak terkalahkan karena hasil olah gambar dan desain
grafis kolaborasi coreldraw dan photoshop ini sangat
bagus sekali.
F. Contoh penggunaan corel draw dan Adobe Photoshop
·
Corel Draw
Cara Membuat Logo Windows 8
a. Buka aplikasi corel, kali ini penulis memakai Corel X5 namun tutorial
ini bisa diaplikasikan ke semua jenis program coreldraw.
b. Klik File >> New (Ctrl + N) , klik Ok. maka
akan muncul lembar kerja untuk pembuatan logo Windows.
c. Buat kotak dengan Rectangle Tool (F6)
Setelah itu tekan CTRL + Q untuk mengubah kotak yang kita buat menjadi Garis Kurva (Convert To Curves), yaitu bangun yang terdiri dari titik - titik curva sehingga bisa kita modifikasi point - point kurvanya. Gunakan Shape Tool (F10) lalu klik kiri pada kurva kemudia tahan dan geser kurva untuk menDrag (Memindahkan posisi Kurva).
dan kita akan namai ini kotak windows 8.
3. Setelah itu kita buat lagi kotak persegi panjang yang memotong secara horisontal tepat di tengah tengah logo Windows 8
dan akan kita namai kotak tersebut kotak pemisah horisontal.
4. Sekarang klik kiri Kotak pemisah horisontal lalu tahan tombol shift pada keyboard kemudian klik kotak windows 8 Setelah itu klik Trim untuk memotong
Dan akhirnya kotak windows 8 terbelah menjadi 2 bagian. Lanjut kakak...!!! oke makin seru kan...
5. Ok sekarang tinggal kita potong Kotak Windows 8 secara vertikal (atas
- bawah). Klik 2x kotak pemisah windows sehingga keluar
tanda putaran dan putar 90 derajat
ulangi seperti pemotongan sebelumnya yaitu klik kiri Kotak pemisah horisontal lalu tahan tombol shift pada keyboard kemudian klik kotak windows 8
Setelah itu klik Trim untuk memotong secara vertikal dan Yahoo kita mempunyai logo Widows 8. Klik kotak pemotong dan tekan Del (untuk menghapus) - "habis manis sepah dibuang nih ceritanya... malang benar nasibnya kotak pemotong", kasi’na…he. Oke lanjut ya
6. warnai sesuka kalian, Caranya klik logo windows lalu klik kiri warna yang disuka pada pallete color kemudian klik kanan pallete color silang (tanpa warna) untuk menghilangkan outline pada logo windows 8, Hasilnya:
Beri background yang menarik, misal gradasi antara warna biru dan putih
Yuhuu... Logo Windows 8 sudah selesai dibuat, meskipun tidak begitu sempurna mudah-mudahan kedepannya lebih baik lagi dari ini.Amiiin…
“Sekarang kita akan membahas cara pembuatan adobe Photoshop”
·
Adobe Phoshop
Cara membuat poster
film
1.
Pertama-tama buka dokumen baru ukuran A4 dengan
resolusi 300 dpi. caranya dibawah ini :
2. Warnai halaman baru tadi dengan warna hitam
dengan menggunakan Paint bucket tool..
2.
Sekarang buka gambar latar belakang nya. sobat bisa
gunakan gambar wallpaper
atur gambar nya supaya fit.. gepeng-gepeng gpp…
karena nanti itu hanya background yang nanti gak keliat juga.
4. Selanjutnya kita buat baground tambahan agar
lebih menarik dengan gambar api drag ke dokumen juga..
5. karena kita cuman butuh gambar api nya saja,
Sekarang hilangkan background kotak nya.
Klik add layer mask di layer palette. Brush seputar
gambar api dengan warna hitam…
6. Tinggal sebentar lagi.......lanjut, sekarang
duplikat gambar api yang sudah dihilangin background nya tadi.. dengan cara ALT
+ Drag ke samping kanan.
7. Edit kedua gambar api terserbut dengan
mengurangi kontras dan warna nya.. dengan menggunakan hue/saturation
8. Sekarang buka gambar HULK dan Drag ke dokumen
baru
Atur letaknya seperti ini
9. Sobat Seleksi dulu gambar HULK dengan menggunakan
PEN Tool. sebenernya bisa pake magic wand tool.. tapi saya lebih seneng pake
PEN Tool karena hasilnya bisa lebih bagus.
10. Kalo ada kesalahan klik waktu seleksi dengan
PEN tool.. tekan CTRL + Z (undo) atau CTRL + ALT + Z kalo salahnya banyak. kalo
udah beres seleksinya.. klik kanan layar lalu pilih Make selection
Hasilnya nanti bakal seperti ini :
11. Kebetulan sekali si HULK punya background
hitam.. jadi tinggal add layer mask aja.. biar hitam nya ilang.
Hasilnya akan seperti ini :
Karena dibagian bawah nya akan dipake buat Credit
Text… jadi harus agak gelap.. soalnya nanti text nya berwarna putih.
12. Selanjutnya Buat layer baru di paling atas …
Klik Layer > new > layer. Brush bagian bawahnya dengan warna hitam.
(secukupnya aja.)
Turunkan opacity brush hitam menjadi 75%
13. Sekarang tulis judulnya.. dengan warna Hitam
atau terserah aja.. font nya musti agak tebal . saya pake font IMPACT.(bisa
cari di internet kalo gak ada). IMPACT itu font tebel.. jadi keliatan garang …
jangan pake Times new roman ya.. hehehe.. nanti gak serem judulnya..
14. Klik kanan layer tulisan > blending options
Pilih outer glow dengan warna hijau .. size nya dibesarin dikit biar keliatan
glow nya.
14. Buat Credit Text ( seperti judul nya apa,
produksi mana, pemeran nya siapa dll ) .. sekarang ngarang sendiri aja ya..
terserah mau nulis apa juga..ini pake font ARIAL biasa gpp..
15. Setting di Type palette nya.. Horizontal scale
jadi 50% supaya hurufnya lebih rapet.
Kecilin sebagian hurufnya supaya lebih mirip dengan
Credit Text..
16. Sobat tambahkan logo Dolby
yuhuiii…. Akhirnya selesai lagi deh dan inilah
hasil akhirnya :
BAB III
PENUTUP
·
Kesimpulan
Kesimpulan dari
Makalah ini yaitu :
Multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,
animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link)
sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi
(Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari
dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Hubungan multimedia dengan teknologi, hubungan multimedia dengan teknologi sangatlah erat
dan dikhususkan dalam bidang pendidikan yaitu sekarang banyak sekolah yang
memanfaatkan pembelajaran dengan media teknologi yang berbasis multimedia
seperti power point dll.
Jenis-jenis ti[e gambar, yaitu PSD, BMP, EPS, JPG, GIF, TIF, PCX, PDF, PNG,
PIC, TGA, IFF, SCT, PXR, RAW, DCS, dan Format kompresi.
Corel draw, merupakan salah
satu aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna
PC. Karena berbagai kemudahan dan keunggulan yang dimiliki oleh coreldraw, maka coreldraw sering
dimanfaatkan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang
memerlukan pemrosesan visual.
Adobe photoshop, adalah perangkat
lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan
efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan
perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk
perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap
sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar