PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI
DEFINISI MEDIA
PEMBELAJARAN
1. Schramm: “media pembelajaran adalah
teknologi pembawa pesan (informasi) yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan
pembelajaran.”
2. Gerlach & Ely: “media pembelajaran
memiliki cakupan yang sangat luas, yaitu
termasuk manusia, materi atau kajian yang membangun suatu kondisi yang membuat peserta didik mampu memperoleh
pengetahuan, keterampilan atau sikap. Media pembelajaran mencakup semua sumber
yang diperlukan untuk melakukan komunikasi dalam pembelajaran, sehingga
bentuknya bisa berupa perangkat keras (hardware),
seperti computer, TV, projector, dan perangkat lunak (software) yang digunakan pada perangkat keras itu.
Dr. rer. nat. H. Rayandra Asyhar,
M.Si (2011), Kreatif Mengembangkan
Media Pembelajaran, GP. Press,
Jakarta.
3. Oemar Hamalik (1980):
“Mengemukakan bahwa yang dimaksud
dengan media pendidikan adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam
rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa
dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah
4. Arief S. Sadiman, dkk (1984)
mengemukakan bahwa kata media berasal dari bahasa Latin yang secara harfiah
berarti perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan
dari pengirim ke penerima pesan.
Abdul Karim H. Ahmad (2007), Media Pembelajaran, Badan Penerbit UNM,
Makassar
5. Latuheru(1988:14), menyatakan bahwa
media pembelajaran adalah bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam
kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi
edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya
guna. Berdasarkan definisi tersebut, media pembelajaran memiliki manfaat yang
besar dalam memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran.
(http://www.guruit07.blogspot.com/2009/01/pengertian-media-pembelajaran.htm). Diakses 20 Februari 2013
FUNGSI PEMBELAJARAN
1.
Media
sebagai sumber belajar
Belajar
adalah proses aktif dan konstruktif melalui suatu pengalaman dalam memperoleh
informasi. Dalam proses aktif tersebut, media pembelajaran berperan sebagai
salah satu sumber belajar bagi siswa. Artinya melalui media peserta didik
memperoleh pesan dan informasi sehingga membentuk pengetahuan baru pada siswa.
Dalam batas tertentu, media dapat menggantikan fungsi guru sebagai sumber
informasi/pengetahuan bagi peserta didik. Media pembelajaran sebagai sumber
belajar merupakan suatu komponen system pembelajaran yang meliputi pesan,
orang, bahan, alat, teknik, dan lingkungan, yang dapat mempengaruhi hasil
belajar peserta didik. (Mudhoffir,dalam Munadi, 2008).
2.
Fungsi
Semantik
Semantik
berkaitan dengan “meaning” atau arti dari suatu kata, istilah, tanda atau
symbol.
3.
Fungsi
Manipulatif
Fungsi
manipulatif adalah kemampuan media dalam menampilkan kembali suatu
benda/peristiwa dengan berbagai cara, sesuai kondisi, situasi, tujuan dan
sasarannya.
4.
Fungsi
fiksatif
Fungsi
fiksatif adalah fungsi yang berkenaan dengan kemampuan suatu media untuk
menangkap, menyimpan kembali suatu objek atau kejadian yang sudah lama terjadi.
5.
Fungsi
Ditributif
Fungsi
distributif media pembelajaran berarti bahwa dalam sekali penggunaan satu
materi, objek atau kejadian, dapat diikuti oleh peserta didik dalam jumlah
besar (tak terbatas) dan dalam jangkauan yang sangat luas sehingga dapat
meningkatkan efesiensi baik waktu maupun biaya.
6.
Fungsi Psikologis
dari
segi psikolgis, media pembelajaran memiliki beberapa fungsi seperti fungsi
atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif fungsi imajinatif dan fungsi motivasi.
Dr. rer. nat. H. Rayandra Asyhar,
M.Si (2011), Kreatif Mengembangkang Pembelajaran,
GP. Press, Jakarta.
7.
Menurut
Derek Rowntree, media dapat:
a.
Membangkitkan
motivasi belajar
b. Mengulang apa yang telah dipelajari
c.
Menyediakan
stimulus belajar
d. Mengaktifkan respon murid
e.
Memberikan
feedback dengan segera
f.
Menggalakkan
latihan yang serasa
8.
Menurut
Edgar Dale, Finn dan Hobar, media dapat:
a.
Memberikan
pengalaman konkrit bagi pemikiran yang abstrak
b. Mempertinggi perhatian murid
c.
Memberikan
realitas, mendorong self actifity
d. Memberikan hasil belajar yang
permanent
e.
Menambah
perbendaharaan bahasa
f.
Memberikan
pengalaman lain yang sukar diperoleh dengan cara lain.
Abdul Karim H. Ahmad (2007), Media Pembelajaran, Badan Penerbit UNM,
Makassar
9.
Levie
& Lentz (1982) mengemukakan empat fungsi media pembelajaran, khususnya
media yaitu:
1. Fungsi atensi
2. Fungsi afektif
3. Fungsi kognitif
4. Fungsi kompensatoris
JENIS-JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
|
|
|
|
1. Schramm (1985) menggolongkan media
berdasarkan kompleksnya suara, yaitu: media kompleks (film, TV, video/VCD) dan
media sederhana (slide, audio, transportasi, teks).
2.
Pengelompokan
media berdasarkan unsure pokoknya menurut Sulaiman (2001).
a.
Media
audio
b. Media visual
c.
Media
audio-visual
d. Media audio motion visual
e.
Media
audio still visual
f.
Media
audio semi-motion
g.
Media
motion visual
h. Media still visual
i.
Media
audio
j.
Media
cetak
3. Menurut Bretz (1971), media
dibedakan menjadi 8 macam yaitu: media audio, media cetak, media visual diam,
media visua gerak, media audio semi gerak, media visual semi gerak, media audio
visual diam, media audio visual gerak.
4. Menurut Anderson (1998) media
pembelajaran dibagi menjadi 10 yaitu: audio, cetak, audio-cetak, proyeksi
visual diam, proyeksi audio visual diam, visual gerak, audio visual gerak,
obyek fisik, manusia dan lingkungan dan komputer.
Dr. rer. nat. H. Rayandra Asyhar,
M.Si (2011), Kreatif Mengembangkan Media
Pembelajaran, GP. Press, Jakarta.
5. Menurut Heinich and Molenda (dalam
Supriatna, 2009) terdapat enam jenis dasar dari media pembelajaran, yaitu:
a.
Teks
b.
Media
audio
c.
Media
visual
d.
Media
proyeksi gerak
e.
Benda-benda
tiruan/miniature
f.
manusia
0 komentar:
Posting Komentar